KapanLagi.com® Goes to School, No More Bullying!

 

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, bullying ialah intimidasi. Bentuk tindakan seperti mengganggu, menyakiti, melecehkan yang dilakukan sengaja atau tidak sengaja, terencana, dapat bentuknya terus menerus terhadap seseorang atau sekelompok orang.

Menoreh sukses sebelumnya, KapanLagi.com® dan Indosat IM3 School Hero “Sekalee Beraksi, Bebas Bully” hadir di SMAN 47 Jakarta, Sabtu (10/11) lalu. Di sini, siswa-siswi SMA 47 Jakarta bisa menikmati workshop yang bersifat edukatif, interaktif, games yang seru dan hiburan secara cuma-cuma!

Event ini berlangsung pada pukul 12:15 WIB, dibuka dengan sambutan dari PIhak SMA 47 Jakarta, dilanjutkan dengan informasi interaktif dari IM3, games yang seru, dan ada penampilan dari band sekolah SMAN 47 Jakarta. Masih menggandeng Dimas Anggara, cowok yang main di sinetron LOVE IN PARIS ini berhasil membangun antusiasme tinggi sehingga membuat suasana saat itu sangat panas!

“Bullying itu bisa dicegah jika semua siswa atau siswi saling bergabung, dan hal ini menunjukkan kekompakan” ungkap Dimas. “Kalau kamu punya teman yang suka bully, segera cegah dan hentikan tindakan itu. Kalau kamu hiraukan berarti kamu scara tidak langsung mendukung tindakan tersebut,” tambahnya.

Bullying bisa dilakukan secara verbal (mengatai, menjuluki, menghina, mencela, memfitnah, memaki, atau mengancam, fisik (menendang, mencubit, menghukum dengan lari keliling lapangan, dll), dan mental (menjauhi, meneror, mengintimidasi, diskriminasi, mengabaikan, memelototi, dll).

Dalam kaitannya dengan bullying di sekolah, ini bisa dilakukan oleh individu ke individu, kelompok ke individu atau kelompok ke kelompok. Tujuannya adalah si pelaku ingin menunjukkan power kepada yang lain. Meski Dimas Anggara pernah menjadi korban bully semasa sekolah dahulu, bukan berarti dia harus membalas tindakan ini kepada juniornya.

Bagi dirinya, lebih baik menjalin pertemanan daripada melakukan tindakan kekerasan ini. Jangan pernah malu menyapa orang meski orang tersebut adalah pihak yang mem bully kita dan kita harus selaly berterima kasih kepada orang. Sosok Dimas yang sangat open minded terbukti berhasil membuat sesi tanya jawab semakin seru.

Selain bercerita tentang bagaimana cara menghindari tindakan bully, Dimas juga memberikan semangat kepada siswa-siswi SMAN 47 Jakarta, untuk selalu memupuk kekompakan di antara mereka serta mengingatkan agar selalu berbuat baik dengan orang. Karena jika kita berbuat baik kepada orang, orang tersebut akan berbuat baik kepada kita.

Suasana semakin panas ketika, di akhir acara, siswa siswi SMAN 47 dihibur dengan penampilan dari Dimas dan band nya BARRIS yang juga menyanyikan single mereka Sebatas Pandangan. Dan para siswa siswi pun ikut bernyanyi selama BARRIS tampil secara enerjik.

Bullying dapat mengubah kegiatan di sekolah yang awalnya menyenangkan, belajar sambil berteman, menjadi menakutkan bahkan mimpi buruk bagi mereka. Kegiatan KapanLagi Goes To School akan dilakukan di sekolah-sekolah lainnya. Apakah itu sekolahmu? Follow @kapanlagicom dan ikuti terus serunya kegiatan off air kami!

Bookmark and Share

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Giliran STIKOM Inter

Event KapanLagi.com® Go To Campus, hari ini memasuki seri terakhirnya, ...

KLGC Kunjungi STIKOM

Kegiatan KapanLagi.com® Goes to Campus masih terus berlangsung, dan kali ...

Shireen Sungkar dan

Setelah merampungkan kegiatan workshop tentang news presenternya di Universitas Paramadina ...

KLGC Universitas Ind

Rangkaian event KapanLagi.com® Goes to Campus memasuki minggu kedua. Setelah ...

Paramadina Ends. Nex

Selasa (8/11), KapanLagi.com® Goes to Campus menyambangi kampus Universitas Paramadina ...

Transformasi KapanLa

Satu DEKADE sudah KapanLagi.com menapak di dunia maya. Bertarung bersama ...

KapanLagi Goes To Cl

  Kapanlagi Goes to Club kembali lagi membuat malam anda tidak ...

KapanLagi.com® Goes

  Got an extraordinary Saturday Night? CLIQUE! Production (Indira Kreasindo Group) ...

Serunya FUNTASCLIQUE

Pekan lalu (7/11) CLIQUE! Production bekerjasama dengan Kapanlagi Goes To ...

Bullying, Sekolah Ha

Tindakan kekerasan dan pelecehan dalam dunia pendidikan, disadari atau tidak, ...

Twitter updates

No public Twitter messages.